Random

Follow Me on Pinterest
Home » » cara mengirit bbm bagi keandaraan bermotor

cara mengirit bbm bagi keandaraan bermotor

Unknown | Sabtu, Februari 02, 2013 | 0 coemntar kalian





Buat yg berkendaraan ..



Ini adalah tips dalam mengisi bensin:



1. *ISI BENSIN **_HANYA_** DI PAGI HARI*, saat suhu permukaan tanah

masih dingin. Setiap pom bensin menyimpan bensinnya di ruang penyimpanan

di bawah tanah. Semakin dingin suhunya, maka bensin akan semakin padat,

sedangkan saat suhu menghangat, bensin akan _memuai _(!)



Maka, kalo kita isi bensin di sore atau malam (saat suhu tanah masih

panas), bensin akan memuai, artinya VOLUME yang terbaca oleh meteran

akan menjadi lebih besar dari _VOLUME sebenernya._



Dalam bisnis BBM ini, penambahan suhu 1 derajat besar bedanya.

Tapi semua pom bensin (service station) nggak punya alat untuk

mengkompensasikan perbedaan ini untuk konsumen.



2. *SAAT MENGISI BENSIN, JANGAN MENGATUR BUKAAN NOZZLE jadi FAST MODE

*ini mostly karena di sana kita ngisi bensin sendiri alias self-service.

Tapi bisa kita coba di sini ngasi tau ke tukang ngisinya supaya setting

ke slow mode (bisa nggak ya?).



The trigger punya 3 level: low, medium, high. Di slow mode, kita

memasukkan bensin secara perlahan, dan akibatnya adalah meminimalisasi

terciptanya vapor (uap) dari bensin tsb.



Semua selang di pom bensin punya vapor return (artinya kira2: jalan

kembali bagi uap bensin). Kalau kita setting ke FAST mode, maka sebagian

dari bensin (yang berbentuk cair) akan berubah menjadi vapor (uap) dan

akan tersedot balik ke tangki penyimpanan, jadinya bensin yang masuk ke

mobil/motor kita lebih sedikit dari yang tertera di meteran.



Trus kalo di SLOW mode nggak sempet berubah menjadi uap? mungkin gitu.

Atau paling nggak lebih lambat berubah jadi uap. Mungkin lho.



3. *ISI BENSIN SAAT TANGKI MASIH BERISI SETENGAH (Half-Full)* Karena

semakin banyak tangki bensin kita berisi bensin, semakin sedikit udara

yang ada di sana. Petrol (bensin) menguap jauh lebih cepat dari yang

kamu bayangkan. Tangki penyimpan bensin punya atap yang mengapung di

dalamnya (internal floating roof), yang berfungsi sebagai pemisah antara

bensin dan udara di dalam tangki.



Trus hubungannya sama hemat bensin apa ya?



mungkin gini:

kalo di Pom bensin, mereka punya internal floating roof, jadi mereka

nggak akan mengalami pengurangan bensin karena menguap, sedangkan di

mobil/motor kita nggak ada, jadi harus kita atur sendiri.



4. *SAAT POM BENSIN SEDANG DIISI ( ADA TRUK PENGISI) jangan mengisi

bensin*.

Kemungkinan besar isi bensin di ruang penyimpanan (storage tank) sedang

teraduk sehingga kotoran (yang biasanya ada di dasar) akan terangkat dan

bisa terbawa masuk ke tangki bensin mobil/motor kita

Share this article :

0 coemntar kalian:

Posting Komentar

peraturan komentar
1. pasang link kalian jika berkomentar di blog ini sehingga saya bisa visit back blog kalian
2. dilarang spam di blog ini
3. dilarang komentar yang berbau sara
4. follow my blog and i will follow back
5. saling tukeran link banner

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KANG SHIN BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger