Random

Follow Me on Pinterest
Home » » kisah kejujuran seorang santri addainururiah

kisah kejujuran seorang santri addainururiah

Unknown | Kamis, Januari 10, 2013 | 0 coemntar kalian

sore hari menjelang malam pergantian tahun 2013, Neli, Imah, Aftah, bercanda ria di depan kamar Maryam komplex satu, dan aku pun ikut dengan tawa mereka...spontanitas Neli berucap..
Neli : mba piye neg kita tahun barunan di simpang 5
Nanung : aku datar dan menatap nya sembari nyengir
Tanpa alasan,
imah dan aftah serempak berkata...
”ayo mba”
Seolah menyetujuinya begitu saja....
Nanung : Knapa kamu baru ngomong jam segini Nel, ini dah jam stengah lima...(sambil manyun)
eh misalkan jadi terus kita tidur dimana coba? Sambung ku
Neli : santai mba kita tidur di masjid ja
Nanung : setuju ide yang asoy....tapi piye neg Abah yai dan Bu Nyai pirso....
Imah : ah santai ....kita keluar nya satu- satu kan ga kelihatan ....
Aftah : he’eh mba ga pa2 santai ae...la wong mba2 yang laen ja ru pada berangkat ko...tu sekamar ada yang ke pantai,,,ada yang ke jogja . moso kita d sini ja.,,,ayo mba ayo , coba di cek.

akupun memberanikan diri untuk mengecek mba2 yang hendak pergi. Ternyata benar apa kata aftah, mereka tinggal meluncur...aku langsung berlari ke koji dan berteriak ayo kawan...capcus pake jilbab dan siap2...mereka bertiga seakan tentara yang mendengar aba2 dari komandanya berlari mengenakan seragamnya.
Setelah siap semua...aku bimbang,,,
“kawan enak nya ijin ga ya...”
Neli : ga usah mba
Imah : ga usah mba, ga usah ijin tinggal bedal ae , ko repot.
Nanung : eh denger ya..neg kalian mah gapa2 ga ijin ...la neg aku ga ijin yo ketok banget to...
Aftah :Salahe mba nanung terkenal.
Imah : aku tahu lewat bawah ja.....
Jalan pintas pun kami tempuh, namun sepintas- pintas jalan
di pondok putri. Masih ja lewat depan ndalem. Mau ga mau
lewat depan ndalem, krettttttt...pintu ku buka dengan diiringi dekup jantung yang kian cepat, sudah 3 tahun aku buka pintu gerbang, namun ga seperti ini takutnya, apakah
karena aku salah jalan,
tiba di depan ndalem ada mba2e yang sedang ijin, aku pun
Turut serta ijin dengan bu Nyai’



Ketika hendak ku saliman dengan bu Nyai. Tiba2 ada yang
Bilang
“ihhhh mo kemana kuwi” ........
dari cletukan itu Bu Nyai bertanya...
“mau kemana Nung”
mati kutu seketika, mungkin saat itu Wajah ku merah
padam, gelam, tak berupa. Keringat Mengucur di kening ku.
Ehm, ehm ,ehm jawab ku terbata-bata
“mau main ke runah nya Neli....
Bu Nyai kaget, oh neli santri baru, sing omahe jetak kuwi
Njeh ....jawab ku gugup.
Yo wes ati2 yo....
Ketika ku langkahkan kaki...........bu nyai memanggil ku lagi...
Eh Nung...Nung...
“Njeh Bu Nyai” ....jawab ku
Ojo mampir-mampir yo...janjimu kudu di tepati, jujur yo,
Njeh Bu Nyai...Assalamualaikum.......

Langkah ku gontai menghampiri 3 temanku. Aku tak kuasa menyampaikan pesan dari Bu Nyai, yang pastinya akan membuat mereka sedih karena impian malam tahun barunan di simpang lima, terancam gagal.




Nely : mba piye...
Nanung : ayo ta critain...
Kami berjalan menuju ke tempat pemberhentian bus di tepi jalan raya.
Aku mengumpulkan segenap keberanian ku tuk menyampaikan pesan Bu Nyai. Namun ku tak tega, wajah mereka sumringah, senyum menghiasi bibir mereka, raut nya berseri. Semakin ciut nyali ku tuk mengatakan nya.
Nanung : kawan tahu kah kalian apa yang di katakan Bu Nyai Barusan.
Ber3 : apa mba
Nanung : Bu Nyai tadi bertanya” mau kemana?”
Aku bingung, harus jawab apa?
Akhirnya aku jawab. Mau maen ke rumah mu Nel. Ayo kita maen ke rumah mu. Neg ga mending kita tidah usah pergi. Pulang pondok ja.
Aftah : Spontan menjawab...
Ah...ngapain sampean tadi ijin. Tinggal keluar ja ko rempong amat toh.
Neli : yah..mba...neg maen kerumah ku nanti mpe rumah jam 9 malem mba...maghrib kita dimana,,,coba...
Imah : mba kita ke simpang ja dulu. Besok kita maen ke rumah neli. Nah berati kita ga bohong, kita tetap jujur. Piye mba menurut mu...
Neli : Setuju sekali..
Bah ya’i kan juga pernah bilang gitu mba...
Jujur boleh tapi adakalanya kita harus mengolah kejujuran itu, sedemikian rupa mba.
Namun ku tak punya keberanian tuk hal itu, sedikit pun aku tak punya niat tuk menyalahi kepercayaan bu Nyai terhadap ku.,,buhong pada bu Nyai berati juga bohong dengan ibu. Aku ga berani...hati ku berteriak. Aku takut ilmu ku tidak manfaat, aku takut pada laknat Allah jika kita bohong. Aku berusaha meyakinkan ke 3 temanku lagi.
Nanung : kawan aku sungguh tidak berani...jika kita ke simpang lima, apa kalian tidak takut jika terjadi apa-apa, kalau kita celaka tidak hanya kita yang kena, Bu Nyai dan Abah juga ikut menanggung nya.
Imah : mba urusan itu belakangan, nanti kita cari cara disana, itu ada angkot ayo naik...
Nanung : kawan....tidak kah kalian tahu...bagaimana Bu Nyai menyampaikan pesan kepadaku tadi, beliau sangat mengkhawatirkan keselamatan kita, memberikan restu kita agar selamat sampai rumah neli, apakah kalain tega mengkhianati kepercayaan dan ketulusan itu, aku tidak mau, mengorbankan 3 tahun disini hanya demi tahun baru ini.
Neli : tercengang seolah merelakan tahun baru itu, lewat begitu saja.
Aftah : terus kita pulang gitu mba, ahhhhh bisa turun pamor neg ngene carane, dah tadi si akang pada nglihat san. Ah mba Nanung ki ga asyik ah.
Nanung : kawan yakinlah, semoga hal ini menjadi barokah tuk kita semua.
Alkhmdulillah mereka ber3 rela melewatkan tahun baru nya nya demi baktinya sebagai seorang santri kepada Kyai nya.
Sungguh pun aku kagum terhadap mereka ber3.
Kami pun pulang kepondok, dan mengabadikan satu jam belajar tentang arti sebuah kejujuran, misalkan kami pergi pun Bu Nyai tidak pirso jika kami berbohong, namun kami, berusaha meletakan kejujuran di atas segala-galanya.
Senin. 31121012
Share this article :

0 coemntar kalian:

Posting Komentar

peraturan komentar
1. pasang link kalian jika berkomentar di blog ini sehingga saya bisa visit back blog kalian
2. dilarang spam di blog ini
3. dilarang komentar yang berbau sara
4. follow my blog and i will follow back
5. saling tukeran link banner

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. KANG SHIN BLOG - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger